Rabu, 07 Agustus 2019

Pendakian Gununug SEMERU 3.676 Mdpl

Pada Tanggal 18 juli 2019

Gunung Semeru sendiri sangat populer bagi kalangan pendaki dan pecinta alam secara khusus, bahkan membuat mereka yang belum pernah menaklukkannya sangat ingin untuk mencapai puncaknya

Kepopuleran Gunung Semeru tak lepas dari keindahan alam yang ditawarkannya. Gunung tertinggi di Pulau Jawa, tertinggi ketiga sebagai gunung berapi di Indonesia ini, memiliki Puncak Mahameru sebagai puncak tertingginya dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dibawah ini Video Perjalanannya :

Episode 1 Makassar Ke Surabaya

Episode Ke 2 Stasiun Surabaya Ke Tumpang

Episode Ke 3 Tumpang Ke Ranu Pani

Episode Ke 4 Ranu Pani Ke Puncak Mahameru

Pada Tanggal 14 Juli 2019
saya berangkat dari makassar menuju ke Surabaya dengan menggunakan Transportasi Kapal Laut, dalam perjalanan selama 3 hari 2 malam di kapal cukup melelahkan teman kebanding naik pesawat
'Saya bersama Nadilah Zainuddin"

Setelah saya sampai di Surabaya tentunya di pelabuhan Tanjung Perak
saya lanjut menaiki mobil yang mangkal di dekat pelabuhan dan mengantar saya ke Stasiun Surabaya untuk menaiki kereta Api dengan tujuan Kota Malang dengan jarak tempuh selama kurang lebih 2 jam

setelah tiba di kota Malang saya sarapan dan setelah itu lanjut naik angkot dengan carteran menuju ke Tumpang dengan di tempuh selama 1 jam lebih

setelah tibah di Tumpang dengan malam hari, kami beristirahat dengan memulihkan tenaga dan pastinya persiapan esok hari

Pada Tanggal 18 juli 2019
di pagi ini kami menyewa mobil Jeep untuk mengantar kami ke Desa Ranu Pani, dengan persiapan berkas registrasi yang lengkap,
kurang lebih 1 jam mendapatkan arahan dari relawan posko pendakian gunung semeru, saya dan kawan lainnya memulai perjalanan dengan target Camp Di Ranu Kumbolo

Dari Posko Regis ke Pos 1 dengan perjalanan cukup landai hanya saja di awal tanjakan setelah melewati gerbang cukup terjal namun sementara, dengan kami tempuh kurang lebih 1 jam lebih karena saya bersama Nadilah sangat santai dan menikmati perjalanan karena dalam suatu perjalanan dengan awal kita tak perlu tergesah-gesah ingin cepat sampai,

Setelah tiba di Pos 1
dengan melihat warung yang lagi jualan semangka dengan secara lansungnya kita ngiler dan Nadilah membeli untuk menyegarkan tenggorokan yang lagi kering, dan 5 menit berlalu kami melanjutkan perjalanan menuju pos 2

Pos 1 Ke Pos 2 Perjalanan masih cukup landai hanya saja tanjakan kecil kecilan dengan kami tempuh 1 jam lebih dengan di hiasi pemandangan dengan kesejukan alam ini kami sangat menikmatinya
setelah tiba di Pos 2, terdapat jualan dan kami pun membeli semangka dan gorengan yang menggoda kita dari kejauhan sehingga kita santap dengan semangat, 10 menit berlalu kami melanjutkan perjalanan karena kata petugas dan masyarakat kita tak di bolehkan jalan malam ketika menuju  perjalanan ke pos 3, mungkin bisa saja yang jelas kita 3 orang ataupun lebih

pos 2 ke pos 3 kami tempuh kurang lebih 1 jam dengan jalur cukup menanjak dengan jurang sebelah kiri jadi yah ekstra hati-hati jangan sampai terpeleset, setelah sampai di pos 3 kami pun beristirahat karena malam telah tiba jadi kami menghangatkan diri di pembakaran api yang warga telah sediakan, setelah 20 menit berlalu kami melanjutkan perjalanan ke Ranu Kumbolo dengan perjalanan cukup ekstirim maka kita harus berhati-hati, dengan suhu dingin kami tak menganjurkan diri beristirahat cukup lama, pada malam ini kami melihat bulan purnama yang indah sekali dengan pemandangan samudra di atas awan,
Saya Nadilah "merasa takut berjalan di malam hari ketika perjalanan menuju Ranu kumbolo dikarenakan himbauan binatang buas yang melintas di jalur pendakian, sebab saya cuma berjalan berdua".
dari pos 3 ke Ranu kumbolo kami tempuh kurang lebih satu jam dengan jalur cukup landai dan penurunan cukup terjal saat akan tiba di Ranu kumbolo. Menurut data yang kami dapatkan jarak tempuh dari Watu Rejeng-Ranu kumbolo 4,5 km dengan estimasi waktu 3-5 jam.

sesampainya di Ranu kumbolo kami bergegas memasang tenda karena yang kami ketahui cuaca di Ranu kumbolo suhunya -4 sampai -15 derajat celcius.dan kamipun beristirahat untuk melanjutkan perjalanan esok harinya.

Pagi ini kami terbangun dan langsung membuka tenda ranu kumbolo pun menyapa pagi kami dengan keindahannya dengan mentari pagi seakan menyapa kami yang ditemani dengan segelas susu hangat .

Setelah packing kami melanjutkan perjalanan dengan tujuan camp di Kalimati. Sebelum itu, kami melewati tanjakan cinta yang cukup membuat para pendaki kelelahan, setelah melewati tanjakan cinta, kami disambut dengan keindahan Oro-oro ombo yang dimana disana terdapat seperti bunga Lavender yang menurut saya sangat indah.10 menit kemudian kami tiba di shelter Cemoro Kandang dan saya bahagia karena melihat ada yang menjual semangka, dan kebetulan saya sangat suka makan semangka. beberapa menit setelah makan semangka kami melanjutkan perjalanan menuju Jambangan dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam.

Dalam perjalanan menuju ke Jambangan kami di sambut dengan kesejukan hutan pinus dan perjalanan yang cukup landai, dan melihat keindahan di sekitarnya tak terasa, kami telah tiba di Jambangan saya pun di sambut lagi dengan warung yang menyediakan semangka dan sayapun membeli semangka lagi.wqwqwq....5 menit berlalu menyantap semangka kami pun melanjutkan perjalanan ke Camp Kalimati.

Perjalanan menuju ke Kalimati jalurnya cukup landai dan kebanyakan penurunan dan setelah tiba di Kalimati kami menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dan akhirnya kami tiba lalu bergegas memasang tenda, sekedar informasi Kalimati memiliki sumber air namun kami tempuh ke mata air kurang lebih 1 jam pp.

pada pukul 1 dini hari untuk menuju puncak harus berangkat lebih awal karena perjalanan dari camp Kalimati ke Puncak membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam
dan dianjurkan sebelum jam 10 kita dianjurkan untuk turun dari Puncak untuk menghindari gas beracun dari erupsi gunung Semeru.

kesan : Saya Nadilah yang baru pertamakali mengunjungi Semeru merasa senang dan bangga karena bisa melihat keindahan-keindahan yang ada di jalur pendakian Semeru.