Minggu, 06 November 2016

Gunung bawakaraeng 2.830 mdpl

G.Bawakaraeng 2.830 Mdpl

31 Juni 2016 Part 21

Gunung Bawakaraeng memiliki ketinggian 2.830 meter dari permukaan laut, terletak dia desa lembanna,kecamatan malino, kabupaten gowa,Sulawesi selatan. Gunung bawakaraeng banyak diminati  masyarakat khususnya para petualang, karena kunung bawakaraeng memiliki kesan tersendiri dan memiliki hutan ciri khas dan sangat berbeda dari gunung yang lain.
gunung bawakaraeng memiliki 10 pos untuk sampai di puncak , dan masyarakat lembanna memiliki perkebunan seperti sayur-sayuran untuk di kirim ke kota Makassar dan kota-kota yang lain.

Untuk akses kita bisa pakai motor atau mobil, dari maros untuk ke desa lembanna memakan waktu sekitar 3 jam, jika dari Makassar kemungkinan cuman 2 jam setengah.

Saat sampai di desa terdapat  basecamp-basecamp para pendaki anda bisa lansung masuk bertamu untuk melapor bahwa anda ingin nanjak, agar supaya masyarakat mengetahui keberangkatanmu dan jadwal baliknya, dan untuk penitipan motor kamu bisa titip rumah warga.

Setelah packing  jangan lupa cek persiapan agar tidak ada yang terlupakan.
Dari gerbang pendakian menuju pos 1 memakan waktu rata-rata 1 jam 30 menit dengan jarak tempuh 1,5 km. dengan jalur cukup landai melewati hutan pinus.pos 1 terdapat percabangan jadi untuk menuju pos 2 lurus saja.

Pos 1 menuju pos 2 memakan waktu sekitar 40 menit cukup dan jalur cukup landai, pos dua terdapat mata air

Pos 2 menuju pos 3 memakan waktu 10 menit dan terdapat sumber air dan bisa juga istrahat .

Pos 3 menuju pos 4 memakan waktu rata-rata sekitar 1 jam , dengan melewati hutan dengan tinggi 5 sampai15 meter, jadi cukup adem.pos 4 terdapat 2 pemakaman, pos 5 memiliki hutan kering arti nya hutan yang sudah terbakar dan terdapat sumber air sebelah kiri  bawah dengan jarak 300 meter.

Pos 4 menuju pos 5 memakan waktu sekitar   1 jam dengan jalur cukup landai nanjak kemungkinan cuman 2 kali dengan panjang 10 meter dengan kemiringan 60 derajat.

Pos 5 menuju pos 6 melewati bebatuan dan hutan kering dengan pemandanagan cukup indah jika cuaca baik, jika cuaca buruk berhati-hatilah karena angin cukup kencang bila berada di jalur ini. Jalur yang cukup nguras tenaga dan memakan waktu sekitar 40 menit.

Pos 6 menuju pos 7, ini adalah perjalanan memulai namanya pendakian karena di jalur ini sangat butuh perjuangan karena tanjakan cukup terjal dengan kemiringan 80 derajat dengan jarak sekitar 1,5 km. memakan waktu 1-2 jam butuh perjuangan, pos 7 adalah puncak bayangan .

Pos 7 menuju pos 8 jalur penurunan dengan jarak 2-3 km. jalur ini yang paling panjang di antara jalur pos-pos yang lainnya.pos 8 terdapat mata air dikatakan telaga bidadari.disini biasa para pendaki istrahat dengan muat tenda sekitar 20 tenda.
Pos 8 menuju  pos 9 memakan waktu sekitar 1 jam dengan melewati hutan dataran tinggi dengan lumut yang cukup tebal, dengan kemiringan 78 derajat denganpanjang  sekitar 800 meter. Cukup menguras tenaga.pos Sembilan terdapat mata air jarak dari pos 9 sekitar 20 meter,pos 9 bisa menampung tenda sekitar 10 tenda.

Pos 9 menuju pos 10 memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 1 km dengan nanjak rata-rata kemiringan 75-80 derajat, pos 10 terdapat sumber air. Dan terdapat lapangan untuk di gunakan upacara.



Pos 10 menuju puncak sekitar 5 menit dan sudah terlihat puncak atau trianggulasi titik tertinggi di gunung bawakaraeng. Jika cuaca baik pemandangan samudra di atas awan juga kren. Dengan bisa melihat jajaran kota seperti ,sinjai,Makassar.goa. disini juga terlihat puncak gunung seperti  bulsar,lompobattang,bohong langi.





Sekian cerita singkat semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda, terimakasih sudah berkunjung bila mana ada kritik dan saran tinggalkan komentar terimakasih salam lestari…. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar