Selasa, 01 November 2016

Gunung rantemario 3.478 mdpl Pegunungan latimojong

Pegunungan Latimojong Puncak Tertinggi di Sulawesi Gn.Rantemario 3.478 Mdpl

Pendakian memperinganti hari sumpa pemuda pada tanggal 28 oktober 2016, pegunungan latimojong memiliki 25 puncak, dan kali ini aku nanjak yang tertinggi yaitu puncak rantemario yang memiliki ketinggian 3.478 meter dari permukaan laut.

Pada tanggal 25-oktober-2016, aku kedatangan tamu dari Lombok bernama dani, berkeinginan untuk nanjak di gunung rantemario yang memiliki ketinggian 3.478 mdpl.

Pukul : 22:20 malam ini kami berangkat dari basecamp maros menuju desa karangan, dengan mengendarai motor.

Pukul ; 07:10 kami baru sampai di enrekang dan kami mampir di rumah teman yang ada di sebelum kota enrekang,selesai istrahat kamipun lanjut perjalanan.

Pukul ; 14;30 akhirnya kami sampai di desa terakhir yaitu dusun karangan ialah desa terakhir menuju pendakian rantemario,.

Pukul ; 15:20 kami mulai pendakian menuju
Dari dusun karangan menuju pos 1 memakan waktu 1 jam 30 menit, dan kami memutuskan untuk camp karena kondisi juga tidak memungkinkan karena hujan lebat jadi kami istirahat meskipun tidak terdapat sumber air.
Esokan harinya

Pukul ; 8:30 kami lanjut perjalanan menuju pos 2, dan pos 1 menuju pos 2 memakan waktu 1 jam perjalanan dengan jalur yang cukup landai dan bonus penurunan.

Pos 2 ke pos 3 memakan waktu 40 menit dengan tanjakan 87 derajat dan cukup ekstrim jadi harus berhati-hati jangan sampai terpeleset karena terdapat bebatuan yang lepas dan amat  berbaha untuk para pendaki yang ada di bawah .

Pos 3 ke pos 4 jalur ini cukup landai dengan hutan lebat dan memakan waktu 1 jam untuk sampai di pos 4.

Pos 4 ke pos 5 jalur ini cukup panjang dengan perkiraan hampir 2 km, dengan suasana hutan lebat lumut tebal, cukup nanjak sedikit dengan memakan waktu 1 jam 30 menit.

Pos 5 ke pos 6 jalur ini memiliki kemiringan 85 derajat dengan jarak perkiraan hampir 2 km, dengan memakan waktu 1 jam 40 menit.

Pos 6 ke pos 7 jalur yang cukup landai dengan kemiringan 80 derajat dengan jarak 2 km, dengan suasana pepohonan dataran tinggi, sangat licin jika hujan karena jalur di penuhi aliran air, memakan waktu 1 jam 40 menit.

Pos 7 ke puncak adalah perjalanan melewati bebatuan dengan 4 bukit dengan memiliki jarak 1 km 600 meter, dengan memakan waktu 40 menit.